Pemimpin merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah kelompok. Apabila dalam suatu kelompok tersebut tidak ada pemimpinnya maka apa yang terjadi? pasti kelompok tersebut anggotanya akan saling menunjukkan ego masing-masing, saling memaksakan pendapatnya masing-masing, atau saling memiliki tujuan masing-masing. Sehingga bisa jadi kelompok tersebut akan terpecah belah karena tiadak adanya seorang sosok pemimpin diantara mereka. Lantas bagaimana seorang itu bisa dikatakan sebagai pemimpin?
Menurut Dr. Muhammad Fathi, dalam bukunya “The Art of Leadership in Islam”. Ada beberapa unsur-unsur dasar yang harus dimiliki seseorang untuk memimpin suatu kelompok yang terfokus pada tiga elemen, yaitu:

  1. Adanya beberapa orang atau kelompok, yang bisa dimulai dengan satu orang atau lebih
  2. Hendaknya kelompok tersebut mempunyai tujuan yang sama yang ingin direalisasikan bersama
  3. Hendaknya dalam kelompok tersebut terdapat seorang yang mereka pilih atau yang mereka setujui untuk memimpin. Dan mereka ini bekerja sama dengannya untuk mewujudkan tujuan dan mecapai hasil yang diharapkan.

       Untuk mencapai semua ini, maka kita harus meyakinkan diri mengenai kemampuan sang pemimpin dalam mengendalikan kelompok yang dipimpinnya dan kontribusinya dalam memajukan kelompok tersebut menuju tujuan yang ingin dicapai. Keberhasilan dan kemajuan ini tidak dapat direalisasikan kecuali melalui hubungan interaktif dan timbal balik sosial dengan pengikutnya, sehingga mereka akan bekerja sebagai tim yang solid dan saling membantu.
Selain itu, seorang pemimpin sebagai individu yang menjadi bagian dari mereka haruslah mempunyai keyakinan atau keimanan yang sama dengan kelompok yang dipimpinnya, dan mengharuskan dirinya untuk mengikuti kehendak rakyatnya. Agar semua ini dapat terwujud dengan baik, maka seorang pemimpin yang baik haruslah mempunyai beberapa karakter dasar yang menghiasi dirinya. Karakter-karakter tersebut antara lain:

  • Beriman
  • Ikhlas
  • Yakin dan tawakkal
  • Berilmu pengetahuan dan mau belajar
  • Berpendidikan atau berjiwa pendidik
  • Murah hati atau santun
  • Berkelakuan baik
  • Memiliki kasih sayang dan keramahan
  • Berkeadilan
  • Bersabar dan mampu menahan penderitaan

           Itulah beberapa karakter yang sudah selayakbya harus dimiliki oleh seorang pemimpin dalam suatu kelompok. Sehingga dapat membawa kelompoknya dalam menggapai tujuan yang ingin dicapai. Setidaknya diri kita sedikit demi sedikit dapat mengaplikasikan apa yang menjadi karakter-karakter dari seorang pemimpin. Karena setiap orang hendaknya harus mampu, minimal memimpin dirinya sendiri untuk menjadi lebih baik. Semoga bermanfaat untuk kita semua. ^_^

Referensi : Fathi, Dr. Muhammad.2009.The Art of Leadership in Islam.Jakarta Timur:Khalifa

About these ads